Azarine Serum

REVIEW: Azarine Retinol Smooth Glowing Serum

Retinol itu merupakan salah satu serum yang cukup populer di kalangan skincare reviewer. Kandungan pada serum ini diklaim mampu mengencangkan kulit atau menjaga elastisitas kulit pada wajah. Jadi produk ini sangat cocok untuk usia 30 tahun ke atas. Saking populernya, banyak juga brand-brand skincare yang mengeluarkan produk ini. Aku sendiri baru pakai retinol serum di usia 34 tahun, dan merk yang aku pakai adalah Azarine Retinol Smooth Glowing. Yang Marvel Series, warna ungu dengan karakter Wanda ‘Scarlet Witch’. Mari kita simak efeknya di kulit aku.

Azarine Retinol Smooth Glowing Serum

Retinol sering dianggap sebagai superstar ingredient untuk masalah anti aging. Kandungan retinol ini ibaratnya seperti micin buat kulit yang mengalami penuaan. Maksudku, kandungan retinol ini bisa mengembalikan kekencangan kulit yang sangat baik, sehingga penggunaannya tidak boleh berlebihan. Alias cukup 3-4 kali saja seminggu. Sama seperti micin yang pemakaiannya tidak boleh terlalu sering.

Ini botol kedua aku mencoba retinol dari Azarine Serum Marvel Series, yang botolnya berwarna ungu gelap. Bahannya kaca dengan tutup pipet. Untuk kandungan utamanya ada kombinasi retinol 1% dan reveratrol yang diklaim dapat mencegah keriput di wajah. Ada hyaluronic acid untuk mengunci kelembaban. Dan ada ceramide untuk memperbaiki dan melindungi skin barrier.

Sumber: detikcom

Tekstur dan Komposisi

Azarine Retinol Smooth Serum ini memiliki tekstur yang watery dan tidak berwarna atau bening. Tidak mengandung alkohol dan parfum. Jadi aman buat kulit sensitif, harusnya. Karena kulitku sendiri tipe kombinasi berminyak, jadi masih aman. Hanya saja, penggunaan retinol sebenarnya tidak disarankan untuk kulit sensitif. Jadi sebaiknya dihindari saja atau konsultasikan dulu ke dokter kulit.

Baca Juga:  Review: Himalaya Purifying Neem Face Wash

Berikut ingredients-nya:

Aqua, Allantoin, Glycerin, Propanediol, Chlorphenesin, Xanthan Gum, Phenoxyethanol, Sodium Hyaluronate, Portulaca Oleracea Extract, Retinol, Ceramide 3, Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract, Resveratrol.
(Note: *Ingredients From Natural Resources)

Ekstrak dari tanaman krokot dalam Azarine Retinol Smooth Serum. Sumber: greeners.co

Btw, aku excited sama komposisi yang nama latinnya Portulaca Oleracea Extract. Setelah cek google, ternyata itu adalah tanaman krokot. Jadi tanaman krokot itu ternyata mengandung ekstrak etanol yang berperan sebagai antibakteri. Hmm.. Padahal tanaman ini tumbuh liar di sekitar rumah ya. Ternyata bermanfaat buat kulit juga. Tapi akhirnya bisa mengobati rasa penasaranku, kenapa retinol ini harganya sangat terjangkau, tidak lebih dari Rp 60.000,- saja. Good Job, Azarine!

Cara Pemakaian

Sesuai petunjuk dalam kemasan, pemakaian Azarine Retinol Smooth Glowing Serum ini cukup dengan 3-4 tetes untuk malam hari saja. Hindari penggunaan retinol untuk siang hari karena dia sangat sensitif dengan sinar matahari. Beberapa orang bahkan mengatakan kulitnya justru terasa terbakar karena menggunakan retinnol di siang hari.

Dilansir dari Byrdie di harian Kompas, untuk pemakai retinol pemula akan mengalami penyesuaian kulit yang disebut retinasi. Proses penyesuaian ini biasanya akan memberikan efek kulit menjadi kering, kemerahan, dan sedikit mengelupas. Setelah beberapa minggu kulit beradaptasi dengan retinol, proses retinasi akan berhenti.

Kandungan retinol pada serum Azarine ini adalah 1%, pemakaiannya tidak perlu terlalu sering. Cukup 2 kali dalam seminggu. Jadi cukup awet yah pemakaiannya. Nah, karena dipakainya sebelum tidur besok paginya setelah cuci muka wajib sekali memakai sunscreen.

Hasil Pemakaian Azarine Retinol Smooth Glowing Serum

Di dalamnya sudah mengandung hyaluronic acid dan ceraminde, jadi aku biasanya tidak menambahkan moisturizer lagi untuk mengunci kelembaban. Karena di kulitku hasilnya sudah cukup melembabkan.

Baca Juga:  Kangen dengan 3 Kuliner Khas Malang ini dan Perjalanannya

Terus dia tidak membuat kulitku terasa ketarik. Tidak ada drama purging atau bruntusan. Jadi aman sekali untuk kulitku yang tipe kombinasi berminyak. Aku biasanya langganan jerawat sebelum menstruasi, sejak pakai ini bekas jerawatnya bener-bener pudar. Karena teksturnya watery alias agak encer, dia jadi lebih mudah meresap. Meskipun begitu, hasilnya di pagi hari kulit lebih mild, nyaman banget di kulit berminyakku.

Jadi kesimpulannya buat kulitku ini bagus banget. Apalagi untuk tipe kulit berminyak dia bagus banget. Kalau di rate aku kasih 4.7 dari 5. Untuk repurchase, yes. Apalagi ini sudah botol kedua aku.

Kelebihan

  • Melembabkan
  • Bekas jerawat pudar
  • Wajah terasa lebih halus
  • Kerutan di sekitar mata agak berkurang
  • Kulit lebih kenyal di pagi hari
  • Tidak bikin purging
  • Cepat meresap
  • Tidak bau
  • Cocok untuk pemula
  • Untuk kulit berminyak, tidak perlu pakai pelembab lagi

Kekurangan

  • Terlalu encer di antar retinol lain
  • Botol kaca masih tembus sinar matahari

1 tanggapan pada “REVIEW: Azarine Retinol Smooth Glowing Serum”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.