MOTHERHOOD

5 Kerja Sampingan Saya: sebagai IRT yang Introvert

Menjadi ibu rumah tangga dengan karakter yang introvert biasanya suka bosen juga ya di rumah. Untungnya saya punya hobi, tentu saya tetap cari kesibukan di luar dengan ijin suami tentunya. Ada beberapa kerja sampingan IRT yang sudah saya jalani dan saya ngelakuinnya ikhlas banget. Karena dasarnya adalah hobi, jadi jalaninnya enteng aja. Apalagi sudah diberi lampu ijo dari suami. Jadi ngerjain kerja sampingan kayak gini tuh enjoy aja gitu. Ditambah tidak perlu harus bertatap muka dengan banyak orang atau jadi pusat perhatian. Itu rasanya aduh, tidak bisa tahan saya. Dan ini dia 5 kerja sampingan saya sebagai IRT yang introvert.

1. Jualan On Line

Nah, ini salah satu kegiatan saya selain jadi IRT, yaitu jualan on line. Produk saya ada garam himalaya, chia seed, dan kacang almond. Awal saya jualan, saya dapat modal lumayan banyak dan bisa nyetok produk dried fruit and seeds seperti crandberry, sunflower seeds, pumpkin seeds, dan yang lainnya. Namun sejak covid penjualan menurun. Akhirnya hanya menjual 3 produk utama yang jadi best seller sampai sekarang. By the way, bolehlah mampir dulu di tokoku di Shopee ya.. 😊

2. Menulis Artikel On Line

Oiya lewat projects.co.id saya juga pernah dapet job content placement di blog ini. Hmm, lumayan yah buat nambahin tulisan di blog. Ya kan.

Pekerjaan ini sebenarnya sudah mulai saya jalani sejak lulus kuliah. Hasil tulisan saya bisa dilihat di beautynesia.id, vebma, idntimes, dan ada juga job menulis online yang saya peroleh lewat Projects.co.id. Platform projects.co.id ini paling sering saya dapatkan dengan fee yang menarik. Pilihan jobnya sangat banyak, nggak cuma menulis, ada juga design, programming, akuntansi, dan macem-macem banget. Terus fee-nya bervariasi. Suka banget loh saya ambil job di projects.co.id.

Contoh penilaian klien pada hasil kerja saya di projects.co.id

Kalau kalian ada yang tertarik mau mencoba menulis di Projects.co.id, boleh kok gabung ke link di bawah ini. Gratis kok!

Baca Juga:  Pengalaman Melahirkan Induksi

Gabung Projects.co.id

3. Jasa Input Data dan Pengetikan

Jujur nih, ini side job yang sudah saya jalani sejak SMA. Dulu, ibu saya seorang PNS dan harus membuat banyak daftar pakai ms word. Dari permintaan dari almarhumah, saya mulai belajar mengenal tools yang ada di ms word. Mulai dari bikin tabel, bikin kop surat, saya pelajari secara otodidak karena ibu saya tidak bisa memakai komputer.
Sekarang pun saya masih suka membantu suami saya memasukkan nilai rapor guru-guru yang kurang mahir menggunakan komputer. Ini salah satu kerja sampingan favorit saya karena materi sudah siap dan tinggal menginput data ke dalam sistem. Jadi tidak perlu susah-susah berpikir.

4. Content Creator

Meski jadi ibu rumah tangga, bikin konten juga seru lho. Awalnya buat seru-seruan aja biar gak stres. Ternyata keterusan dan jadi pekerjaan utama setelah ngurusin anak dan suami. Apalagi fokusku di bidang kuliner di Nganjuk, jadi bisa nyobain macem-macem menu baru di Nganjuk. Alhamdulillah sih, sejak 2017 dibentuk bareng partnerku, akun kuliner @nganjuk_foodies masih eksis sampai sekarang dan sering mendapat job dari banyak klien, baik level umkm sampai brand besar di Nganjuk.

Menu-menu dari Kedai Bale Badug

Rencananya sih, saya pengennya sekalian review tempat kuliner Nganjuk untuk diposting di sini juga. Kira-kira menarik gak nih?

5. Affiliator Shopee

Saya nggak tahu apa ini bisa jadi side job. Tapi ternyata jadi affiliator shopee itu lumayan juga lho. Saya termasuk jarang banget posting produk shopee. Tapi hasil penjualan produk yang saya review pasti ada aja yang kejual. Untuk bulan ini sudah bulan keempat saya jadi affiliator. Untuk penarikan fee-nya juga tidak ada minimal penarikan karena langsung ditransfer oleh Shopee ke saldo shopeepay saya di tanggal tertentu per bulannya. Mulai dari cuma 14ribuan, sampai sekarang 40ribuan per bulannya. Semoga bulan depan bisa makin banyak lagi yah.. Tertarik juga jadi affiliator shopee? Langsung klik banner di bawah ini yah..

Baca Juga:  Berpuasa Saat Hamil: Apa yang Harus Disiapkan?

Jadi meski berperan sebagai IRT dengan karakter yang introvert kayak saya, masih bisa cuan juga lho lewat model-model side job di atas. Lumayan juga kok fee-nya buat jajan sama bocil. Buat IRT-IRT yang lain, punya side job apa aja nih? Yuk komen di bawah.

Saya Okta. Ibu dari satu anak, bernama Hayun. Saat ini memiliki kesibukan di bidang kuliner, sekaligus founder @nganjuk_foodies.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.