30 DAYS CHALLENGE

5 Tempat Makan Favorit di Nganjuk

Kabupaten Nganjuk merupakan kota kecil yang diapit oleh kota Madiun, Jombang, Kediri, dan Bojonegoro. Nganjuk seringkali disebut sebagai Kota Angin karena di musim tertentu anginnya luar biasa kenceng. Kabupaten ini adalah tempat kelahiran sekaligus tempat saya dibesarkan. Di Nganjuk pula saya dapat menikmati beragam kuliner menarik yang sesuai dengan lidah saya. Selain enak, harganya juga murah meriah. Berikut adalah 5 tempat makan favorit saya di Kabupaten Nganjuk.

#1 Nasi Pecel Bledek

Kuliner ini merupakan makanan khas Jawa Timur bagian selatan. Menu yang sangat sederhana dan murah meriah. Isiannya berupa nasi, yang di atasnya diberi sayur-mayur seperti kenikir, daun singkong, daun bayam, dan sebagainya. Kemudian di atasnya lagi diberi kecambah, trancam (biji lamtoro dan mentimun cacah), setelah itu disiram dengan bumbu kacang yang pedas.

Nasi pecel bledek khas Nganjuk yang pedasnya menggigit. Sumber: nganjukfoodies.com

Di tempat makan ini, yang istimewa adalah bumbu kacangnya yang pedas menggigit. Sangat menggoda lidah untuk kembali lagi ke sini. Sajiannya juga ada peyek ikan teri yang gurih dan pas sebagai pendamping nasi pecel di Nasi Pecel Bledek ini. Di Nganjuk, lokasinya ada dua. Pertama di timur Gedung Juang, dua di Desa Sekar Putih. Kalau saya paling suka di Desa Sekar Putih karena porsinya lebih banyak.

 

#2 Nasi Becek Pojok

Makanan yang disajikan di tempat makan ini adalah kuliner khas Nganjuk yang paling melegenda. Menu isiannya hampir menyerupai soto daging dan rasanya menyerupai gulai kambing. Nasi becek namanya. Isiannya terdiri dari daging kambing dengan kuah gulai yang rasanya ringan.

Nasi becek dan sate kambing yang nikmat. Sumber: nganjukfoodies.com

Apa bedanya dengan gulai kambing? Bedanya gulai kambing memakai santan, sedangkan nasi becek tidak pakai santan. Rasanya juga enak ditambah sate kambing dengan bumbu kecap.

 

#3 Gurame Bakar De-U

Menu ikan gurame bakar adalah salah satu favorit saya. Nah, kalau di tempat makan ini, saya paling suka menu gurame bakar ekstra pedas. Bumbunya itu sangat meresap sekali dan sudah sangat pedas. Sajiannya selalu hadir dengan sambal pencit atau sambal mangga muda yang asam pedas di atasnya. Lokasinya ada di Jl. Pace Sukomoro, Sukomoro, Kabupaten Nganjuk.

Menu Gurame Bakar Ekstra Pedas, favorit saya. Sumber gambar: instagram @oktviankash

 

#4 Solchic

Tempat makan berikutnya adalah solchic, fastfood asal Kota Solo. Saya salah satu penggemar Richeese Factory. Karena di Nganjuk belum ada, jadi Solchic adalah tempat makan favorit dengan saus special spicy sauce yang rasanya hampir mirip dengan milik Richeese Factory. Harganya juga murah meriah. Meski tepung ayamnya agak keras, tapi rasanya saya masih bisa menerima.

Menu ayam Solchic dengan special spicy saucenya yang mantap. Sumber: @nganjuk_foodies

 

#5 Martabak Kingdom

Selanjutnya adalah martabak dan terang bulan Kingdom. Dulu pas lagi populer terang bulan pizza cut dengan 8 hingga 10 rasa, saya kepengen sekali. Tapi, ternyata di kota besar itu harganya cukup mahal hingga mencapai 80ribuan. Hmm, untung di Nganjuk ada terbul Kingdom.

Terbul murah dan premium, Sumber: insta @oktviankash

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.