REVIEW

Review: Butterfly Carved Design Humidifier

Saya ingin membuat review tentang humidifier yang sudah saya gunakan. Humidifier ini dikenal dengan Carved Design karena secara desain memang unik. Humidifier merupakan alat yang menambahkan kelembaban udara untuk mengurangi kekeringan di ruangan dengan menghasilkan uap air. Pelembab udara sangat efektif untuk mengatasi masalah kekeringan pada kulit, tenggorokan, hidung, dan bibir. Alat ini juga dapat digunakan untuk meringankan beberapa gejala influenza yang disebabkan oleh penularan virus melalui udara.

Ini pertama kalinya saya membeli humidifier. Jadi saya masih belum cukup paham tentang bagaimana penggunaannya. Namun, setelah beberapa bulan saya gunakan, saya cukup puas dengan hasilnya. Awal mulanya saya ingin membelikan ayah saya yang terkena sesak napas di pertengahan bulan Juni. Setelah menerima THR, saya membeli humidifier ini dan saya tes dulu di tempat saya. Kenapa membeli humidifier yang ini? Karena karena desainnya yang cantik (hahah!). Kedua, banyak review menarik dari mereka yang sudah menggunakan di kolom penilaian. Akhirnya saya ikut membelinya. Dan seperti inilah review saya menggunakan produk ini.

 

Kegunaan Humidifier

Humidifier sangat cocok digunakan di tempat yang kering. Oleh karena itu, humdifier sangat cocok digunakan sebagai berikut.

  • kulit kering
  • sakit kepala
  • tenggorokan kering
  • iritasi hidung
  • hidung berdarah
  • batuk kering
  • bibir pecah-pecah

Ketika udara di rumah sangat kering, saya cukup rentan terkena beberapa masalah tersebut. Jadi humidifier ini sangat membantu saya mengatasi masalah-masalah kekeringan.

 

Desain Unik, Tanpa Merk

Saya agak terkejut ketika barang datang. Karena tidak ada nama merk yang jelas (mungkin saya tidak bisa menemukan merk yang tertera di kardusnya). Kebetulan saya sudah agak lama membelinya dan kardusnya sudah terbuang. Tapi setelah melihat desain ukirannya yang cantik, saya bisa menerima tanpa menyesal.

Desain ukiran representasi alam. Sumber: Newfrog

Dalam humidifier itu, terdapat empat sisi desain ukiran dengan representasi alam yang berbeda. Empat representasi alam itu terdiri atas dua kupu-kupu, satu kupu-kupu, desain langit malam dengan bulan bintang, dan desain capung. Dan, posisi paling depan adalah satu kupu-kupu dengan bunga. Jadi saya tidak bisa mengubah posisi desain yang saya inginkan.

 

Dua Lubang Uap Air

Selain desain yang menarik, sisi menarik lainnya ada pada lubang uap airnya. Penutup jalan cerobong uap air memiliki dua lubang. Dengan adanya dua lubang ini, saya bisa mendapatkan uap air cukup banyak dari humidifier ini. Puas? Yes!

Dua lubang yang dapat diputar sesuai keinginan. Sumber: Amazon

Lubang uap air ditutup dengan corong yang terbagi menjadi dua, yang menjadi keluarnya uap air. Corong ini dapat diputar sesuai keinginan kita. Jadi uap air yang dikeluarkan dapat diarahkan ke mana saja yang kita mau.Humidifier ini merupakan tipe ultrasonik. Artinya, dia menggunakan getaran ultrasonik yang dapat menghasilkan uap dingin. Keponakan saya sering meletakkan telapak tangannya di atas lubang uap ini, sambil bilang “Hiii… adem!” (Hiii… dingin), lalu tangannya kembali lagi main-main di atasnya. Nah, menurut healthline.com, humidifier ultrasonik ini sangat cocok digunakan di rumah yang ada anak-anaknya.

 

Tetesan Essential Oil

Tidak semua humidifier dapat ditetesi dengan minyak atsiri atau essential oil. Beberapa humidifier didesain tidak untuk menggunakan essential oil karena tekstur minyak yang pekat dapat menyumbat lubang udara sehingga uap air akan susah untuk keluar. Ini menyebabkan penggunaan essential oil menjadi kurang efektif.

Akan tetapi, jika tipe humidifier tersebut adalah cold air, dapat dipastikan memiliki fungsi yang sama seperti diffuser. Kebetulan humidifier yang saya gunakan adalah cold air, jadi saya bisa menggunakan essential oil sebagai terapi kesehatannya.

 

Tombol

Tombol di depan, digunakan untuk menyalakan humdifier. Untuk menyalakannya cukup dengan memutar tombol ke kanan hingga bunyi “klik” disertai lampu indikator warna biru. Apabila cairan dalam tangki habis, lampu indikator akan berubah menjadi merah. Dan sebaiknya alat dimatikan sebelum lampu indikator berwarna merah.

Tombol tersebut juga dapat mengatur banyak atau sedikitnya uap dingin yang dikeluarkan. Semakin diputar ke kanan, uap air yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

Jika ingin menyalakan lampu pada tangki, tekan tombol on/off berwarna merah yang ada di bagian belakang humdifier. Ada empat warna yang akan muncul. Diantaranya adalah merah jambu, hijau, biru, dan ungu.

 

Hasil Penggunaan Humidifier

Setelah saya gunakan kepada ayah saya selama beberapa hari, beliau dapat tidur nyenyak karena efek dari Lavender Essential Oil. Ayah saya sangat menyukai humidifier ini karena membuat udara di kamarnya menjadi lebih segar dan tidak pengap. Uap air yang dingin membuat aroma obat-obatan di kamar beliau menghilang. Jadi ketika ada kerabat yang ingin menjenguk ayah saya, tidak lagi terganggu dengan aroma obat-obatan yang tidak nyaman.

 

Spesifikasi Humidifier

Kondisi saat dibongkar. Sumber: Newfrog
  • Model Carved Design Air Humidifier Large Capacity Ultasonic Aroma Diffuser – 1.5L
  • Kapasitas air: 1,5 Liter
  • Warna putih
  • Berat: +/- 600 gram
  • Bahan: Polypropylene (PP)
  • Catu daya : 110-240 V Nilai daya : 25 w
  • Dimensi: Sekitar 132 x 132 x 268 mm (panjang x lebar x tinggi) Panjang daya : sekitar 80 cm – 125 cm
  • Output uap air menggunakan double spray
  • Terdapat empat warna lampu LED
  • Dapat menggunakan essential oil sebagai aromatherapy
  • Paket terdiri atas: Package included: 1 x 1.5 l aroma diffuser,  1 x adapter, dan 1x User Manual

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

6 Comments

  • Dian Restu Agustina

    Hai Mbak, salam kenal ya… Saya asli Kediri dan sekaranng tinggal di Jakarta…

    Aku suka reviewnya.. Detil dan lengkaap. Cara bertuturnya pun asyik.

    Oh ya, aku enggak punya humidifier, tapi beberapa waktu lalu beli buat Ibu Mertua di Madiun.
    Tapi desainnya enggak unyu kayak yang Mbak beli ini.
    Bentuknya segede gaban haha

    Ini sih, syantiik ya… Kayaknya asyik juga kalau di rumah punya❤

  • Fanny F Nila

    Dulu itu aku sering ketuker antara diffuser, dan humidifier. Kirain sama aja hahahaha. Ternyata beda banget. Niat hati sbnrnya pgn beli diffuser supaya bisa pakein minyak2 essential…

    Ternyata yg kebeli humidifier. Masalahnya ga bisa pake minyak essential pula, hrs obat khusus yg water based. Hahahaha salah beliii. Tp yo wis, gpp. Ktn sbnrnya kamarku itu udh termasuk lembab, jd malah ga bgs kalo pake humidifier 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.