30 DAYS CHALLENGE

Pekerjaan Rumah Tangga itu Ringan Kalau …

Pekerjaan rumah tangga itu ringan kalau… gampang, gak bikin repot, terus ada yang bisa diajak kerja sama tanpa harus ‘disuruh/dimintain tolong’. Itu versi saya ya, buk ibuk. Maklum, emak baru. Baru punya anak, baru kepala 3 juga. Baru keluar dari kerjaan kantoran juga. Nah, pengennya kan yang simple-simple aja saya. Dari semua pekerjaan rumah yang ada, saya paling seneng pekerjaan yang membuat pandangan saya sangat lega. Ini beberapa pekerjaan rumah tangga yang membuat saya merasa lega banget tinggal di rumah.

Memasak

Ini karena punya hobi makan, jadi saya harus bertanggung jawab untuk bisa masak sendiri. Biar nggak minta dibeliin terus sama suami. Oleh karena itu, pengen banget punya dapur yang bener-bener luas. Tapi ya, yang namanya hidup di lingkungan perumahan, punya dapur dan bisa ngebul aja sudah bersyukur banget.

cooking
Masak kalau lagi pengen makan apa. Sumber: eatsiptrip.10best.com

 

Nyapu & Ngepel

Kalau sudah waktunya bersih-bersih, waktunya olahraga juga. Kenapa nyapu dan ngepel? Karena kegiatan ini membuat saya lega setelahnya. Terutama ketika menginjak lantai rumah yang bersih dan wangi. Bawaannya selalu pengen tidur di lantai aja. Biasanya saya suka nambahin minyak atsiri ke dalam air pel. Jadi ada bau-bau wangi aromaterapi setelah dipel.

 

Belanja

Belanja kebutuhan rumah itu sesuatu yang wajib dilakukan oleh emak-emak. Emak mana yang gak seneng jalan-jalan beli kebutuhan rumah tangga? Tapi kadang, kalau tidak bisa mengontrol diri untuk belanja barang lain yang bukan kebutuhan pokok bisa bermasalah juga, ya kan. Jadi, saya harus memutar otak supaya dapat mencegah hal buruk terjadi. Yaitu dengan membatasi pengeluaran harian. Karena hobi belanja ini juga, saya jadi seneng berkebun buat mengurangi jumlah pengeluaran buat beli empon-empon.

empon-empon
Bumbu empon-empon yang dijual satu paket. Sumber: budayajawa.id

 

Tiga pekerjaan rumah tangga itu adalah yang paling saya suka. Ada juga nih yang saya tidak suka. Yaitu, setrika baju. Sejak saya kuliah, yang namanya setrika baju itu paling males, meski bisa pinjem setrika ke temen kos. Sebagai anak terakhir dengan selisih 6 tahun dengan kakak laki-laki saya, saya sejak kecil sudah biasa ngurus rumah berdua saja sama ibuk. Tidak ada adik yang bisa disuruh-suruh. Jadi, mau tidak mau ketika ibuk sudah bener-bener capek, saya sendiri yang harus membersihkan rumah. Kenapa saya sering sendirian? Karena pas saya masuk SMP, kakak saya sudah mulai masuk kuliah. Jadi berasa kayak anak tunggal. Apalagi kakak saya jarang banget pulang.

 

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.