MOTHERHOOD

Mengawetkan Nasi dengan Jeruk Nipis

Keluarga saya mulai menggunakan rice cooker kira-kira pada tahun 2000-an. Pada masa itu, keluarga kami sangat senang karena nasi lebih cepat matang dan kematangannya merata. Namun, kendalanya adalah nasi jadi cepat basi. Salah satu solusinya, saya bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengawetkan nasi yang saya masak di rice cooker.

AIR PERASAN

Sekarang saya bisa menemukan sedikit solusi supaya nasi jadi lebih awet. Tidak perlu pengawet makanan yang aneh-aneh. Cukup seiris buah jeruk nipis untuk 2 cup beras. Sederhana, kan? Ide ini saya peroleh dari kakak sepupu saya waktu berbelanja. Kakak saya dikasih tahu si tukang sayur, dan si tukang sayurnya dikasih tahu sama dokter yang jadi langganan dia berbelanja.

“Bagaimana caranya?”

Caranya, yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam beras yang sudah dicuci sebelum masuk ke dalam rice cooker. Lalu dimasak seperti biasa. Dan hasilnya,nasi menjadi lebih putih dan lebih tahan lama hingga 24 jam.

Segampang itu, kok. Dan tidak membutuhkan preservatif buatan atau sintetis yang justru berbahaya untuk kesehatan keluarga kita.

 

Ada Apa dengan Jeruk Nipis?

Sebenarnya bukan cuma jeruk nipis yang bisa. Kadang-kadang saya pakai cuka apel sebagai penggantinya. Hasilnya sama saja. Nasi menjadi lebih awet. Ada juga garam, tapi yang ini saya belum pernah mencobanya.

Sumber: brit.co

Jeruk nipis merupakan sejenis tanaman perdu yang mudah tumbuh di Indonesia. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan asam sitrat biasanya banyak digunakan dalam industri makanan sebagai pengawet. Tapi penggunaan asam sitrat berlebihan dapat mengakibatkan korosi pada gigi. Jadi, selalu hati-hati untuk penggunaan kandungan asam sitratnya.

Saya menemukan jurnal yang melakukan penelitian terhadap nasi yang diawetkan dengan jeruk nipis. Dari jurnal tersebut, rupanya takaran jeruk nipis yang digunakan sangat berpengaruh terhadap rasa. Selama saya menggunakan jeruk nipis, saya tidak menemukan rasa asam dalam nasi saya. Namun, saat menggunakan cuka apel, aromanya sangat menyengat, tapi tidak berpengaruh pada rasa nasi.

Sayangnya dalam jurnal tersebut tidak dijelaskan seberapa banyak air jeruk nipis yang dibutuhkan. Jurnal tersebut hanya menyebutkan dalam bentuk prosentase, yaitu sebesar 0.93%. Itu untuk takaran yang pas. Jika takaran berlebihan, dapat menimbulkan rasa asam pada nasi setelah mencapai penyimpanan selama 72 jam.

 

 

Sumber:

Jurnal “Efektivitas Penggunaan Sari Buah Jeruk Nipis terhadap Ketahanan Nasi”

2 thoughts on “Mengawetkan Nasi dengan Jeruk Nipis

  1. Nah ini mba , kemarin ttga sy jg ngasih tau kegunaan jeruk nipis, tapi sampai sebatas buat memutihkan beras aja, bru tau sy tryata ada kegunaan sampingannya lagi hehehhe..thx infony mb 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.