30 DAYS CHALLENGE

Alasan Sederhana di Balik Nama Oktatopia

Memilih nama blog Oktatopia bukan tanpa alasan, bukan pula mengandung makna yang sangat dalam buat saya. Nama blog sekaligus nama domain ini saya gunakan atas pertimbangan yang cukup singkat, padat, dan jelas. Pemilihan nama domain ini tidak terlalu memiliki makna penting. Karena pada intinya saya menyukai hal-hal yang bersifat fantasy.

Diambil dari Name Generator

Saya sadar bahwa pemilihan nama domain atau nama blog merupakan identitas saya sebagai author dan owner sekaligus. Oleh karenanya, saya tidak mau asal mendaftarkan nama domain. Apalagi nama domain TLD harus digunakan seumur hidup dan tidak bisa diedit sesuka hati.

Saya pun memilih menggunakan name generator untuk membantu saya menemukan nama yang sesuai dengan karakter saya. Ada banyak web name generator yang dapat digunakan. Saya tidak terlalu ingat saat itu saya menggunakan web yang mana, tapi saya ingat salah satunya adalah menggunakan namemesh.

Halaman utama namemesh. Sumber: namemesh.com

Cara mencarinya, cukup ketik saja satu atau dua kata yang ingin disematkan ke dalam nama blog. Saya menggunakan nama saya sendiri waktu itu. Lalu muncullah ratusan (bisa jadi ribuan juga) nama domain yang dapat saya gunakan dan masih available untuk digunakan sebagai nama blog TLD. Dari situlah saya menemukan nama oktatopia.

 

Etimology

Dari name generator, saya memilih nama oktatopia untuk dijadikan nama blog karena satu alasan sederhana. Saya sangat menyukai dunia fantasi. Dan menurut saya nama itu juga brandingable. Kalau ditelusuri, nama oktatopia dapat diambil dari dua kata, okta dan utopia.

an imagined place or state of things in which everything is perfect. The word was first used in the book Utopia (1516) by Sir Thomas More.” – Google

‘Okta’ adalah nama saya sendiri. Walaupun hanya nama depan. Kalau nama panggilan di rumah sudah beda lagi. Kemudian ‘utopia’ artinya ‘sebuah tempat atau negara khayalan di mana segalanya tampak sempurna‘. Jadi kalau diartikan bisa seperti ini: tempat khayalannya Okta.

 

Jadi, intinya, pemilihan nama domain merupakan identitas bagi saya. Identitas tersebut saya pilih karena sesuai dengan karakter saya yang menyukai hal-hal utopis. Fancy. Walaupun nantinya isi tulisan blog saya bukan sesuatu yang absurd. Namun, blog ini nantinya menunjukkan bahwa blog inilah dunia saya. Inilah yang ingin saya bagikan pada para pembaca tentang hal-hal yang saya sukai. Just share about positive things here.

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.