RECIPES

Cara Membuat Sambal Pencit (Mangga Muda)

Sambal pencit atau sambal mangga muda merupakan salah satu side dish yang sangat digemari di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Hidangan pendamping ini menurut saya sangat cocok untuk makanan-makanan yang dibakar, seperti ikan bakar, ayam bakar, dan sebagainya. Sambal ini sangat mudah dijumpai di propinsi Jawa Timur, terutama di tempat kuliner khas Madura.

Ketika saya akan merawat bapak saya di rumah kakak saya, ibu mertua saya membawakan beberapa buah. Salah satunya adalah mangga muda jenis podang. Saya sudah lama sekali menginginkan sambal mangga muda ini. Tidak ingin melewatkan kesempatan ini, mangga muda ini langsung saja saya eksekusi sesuai dengan harapan saya.

 

Rasa Manis, Asam, Pedas

Sambal mangga muda ini memiliki rasa yang berbeda dari sambal-sambal jenis lainnya. Keunikannya adalah sambal ini menggunakan buah sebagai bahan utamanya. Buah yang digunakan pun juga masih belum matang betul. Jadi, kombinasi ini tentu sangat menggiurkan karena menghasilkan rasa pedas dari cabai dan asam dari mangga muda.

Untuk menyajikan sambal mangga muda, ada dua metode yang dapat digunakan. Pertama adalah menggunakan parutan keju sehingga menghasilkan parutan mangga yang memanjang. Kedua adalah tanpa menggunakan parutan keju, yaitu dicacah menggunakan pisau. Cara kedua ini membutuhkan keterampilan menggunakan pisau karena tangan harus bergerak cepat ketika mencacah mangga muda menjadi potongan kecil.

 

Mangga Muda Rendah Gula

Jika mangga yang masak sangat manis dan tidak diperbolehkan untuk penderita diabetes, berbeda dengan mangga muda. Rasa asamnya yang tinggi dan rendahnya kadar gula pada mangga muda, aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Zat tepung mangga masak lebih sedikit dibandingkan dengan mangga mentah, karena tepung yang ada telah banyak yang berubah menjadi gula.” – Jurnal Ir. Nastiti Kartikorini, M.Kes., berjudul Analisa Kadar Gula (Sukrosa) Buah Mangga Berdasarkan Varietasnya

Meskipun manis, mangga yang masak seringkali diperbolehkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Dengan catatan, jumlah konsumsi mangga yang masak tetap dibatasi. Mangga muda dianggap lebih aman dikonsumsi karena rendah gula. Yang terpenting adalah selalu konsultasikan lebih dulu dengan ahli kesehatan Anda.

 

Cara Membuat

Ada bermacam-macam resep yang dapat digunakan dalam membuat sambal pencit. Saya menggunakan sambal terasi biasa untuk membuat sambal pencit. Hasilnya, rasanya dijamin enak karena ketika saudara saya datang dan makan malam, satu cobek habis tak tersisa.

Cara Membuat Sambal Pencit (Mangga Muda)

Prep Time: 10 minutes

Cook Time: 15 minutes

Total Time: 25 minutes

Category: Side Dish

Cuisine: Indonesian

Yield: 5

Cara Membuat Sambal Pencit (Mangga Muda)

Sambal mangga muda adalah hidangan pendamping yang biasa disantap dengan lauk yang dibakar atau digoreng. Sambal ini sangat mudah ditemukan di wilayah Jawa Timur, khususnya di Madura.

Ingredients

  • Cabe merah 2 buah
  • Cabe rawit 15 buah
  • Tomat besar 1 buah
  • Mangga muda ukuran sedang 1 buah
  • Bawang merah
  • Terasi 1 sdt
  • Gula merah 1 sdm
  • Garam 1/2 sdm
  • Jeruk nipis seiris

Instructions

  1. Buat cacahan mangga muda dengan diparut, atau dipotong korek api, atau dicacah sesuai selera. Lalu sisihkan.
  2. Goreng semua bahan selain terasi, garam, jeruk nipis, dan gula merah. Langkah ini dapat dilewati jika suka dengan sambal mentah.
  3. Setelah digoreng letakkan semua bahan dalam satu cobek.
  4. Lembutkan bahan di dalam cobek menggunakan uleg-uleg.
  5. Campur mangga muda yang diparut ke dalam sambel dengan merata.
  6. Sambal pencit siap dinikmati sebagai hidangan pendamping.

Notes

- Tidak semua jenis mangga muda dapat digunakan untuk membuat sambal mangga muda atau sambal pencit. Mangga podang adalah salah satunya. Saya menggunakan jenis mangga ini. - Saya lebih suka menggunakan parut keju untuk memotong mangga muda karena lebih hemat waktu.

http://oktatopia.com/membuat-sambal-pencit-mangga-muda/

 

Sambal mangga muda siap dinikmati bersama lauk dan lalapan.

 

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.