DIY

Membuat Masker Rambut Avokad untuk Rambut Kering dan Rusak

Merawat rambut secara mendalam sangat penting dilakukan, terutama untuk tipe rambut yang kering dan rusak. Deep conditioning ini sangat bermanfaat untuk melembabkan rambut yang rusak akibat pewarnaan, pelurusan, atau pengeritingan rambut. Berikut ini adalah cara favorit saya merawat rambut kering dengan buah avokad dengan minyak zaitun yang membuat rambut lebih terhidrasi dan terawat.

Manfaat Bahan

Deep Conditioner yang saya buat merupakan jenis protein sekaligus hydrating conditioner. Bahan-bahan yang saya pilih merupakan bahan-bahan yang kandungannya sangat baik untuk memperbaiki kerusakan rambut.

Avocado, buah berwarna hijau dengan daging buah yang menyerupai mentega ini sangat baik dalam mengatasi masalah kerusakan rambut.

  • Lemak asam amino pada avokad dapat melapisi dan merawat bagian terluar pada rambut.
  • Kandungan vitamin A, B, D, dan E, serta mineral dapat melembabkan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Antioksidan pada avokad dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

Minyak Zaitun, dapat melindungi kutikula rambut agar terbebas dari masalah kerusakan rambut. Saya sudah lama menggunakan minyak zaitun ini sebagai salah satu bahan untuk masker rambut saya. Dan sangat efektif untuk mengatasi rambut singa saya.

Kuning Telur, kuning telur sangat cocok untuk tipe rambut kering. Jika rambut kamu berminyak, gunakan saja putih telur, tanpa kuning telur. Kuning telur mengandung lesitin yang berfungsi untuk melembabkan rambut sehingga membuat rambut lebih mudah untuk diatur. Kenapa gak semua telur sekalian? Bisa, tapi kalau jenis rambutnya normal.

“The yolk is also protein-rich (less than the white) and is an abundant source of B-complex vitamins and folic acid, which are often referred to as “hair food.” The fatty content of the yolk makes it an excellent conditioning ingredient, which is why it is often used by people with dry hair.” –Stylecraze

Madu, sebagai salah satu bahan yang sangat bernutrisi tinggi, madu juga sama berkhasiatnya ketika diaplikasikan pada rambut. Madu memiliki antioksidan dan vitamin C tinggi yang dapat menyehatkan folikel rambut. Antioksidannya ini dapat mencegah rambut dari kerusakan dan tidak mudah patah dan bercabang.

 

Cara Membuat Masker Rambut Avokad

Alat-alat yang dibutuhkan cukup sederhana. Siapkan saja blender, sendok makan, dan wadah untuk maskernya. Jika tidak menggunakan blender pun tak masalah. Kamu juga bisa menghaluskannya secara manual sehingga menghasilkan tekstur yang sedikit lebih kasar. Karena tipe rambut saya cukup kering, saya lebih suka memblendernya dan menghasilkan tekstur yang halus.

Bahan masker rambut
Bahan masker rambut

Siapkan pula handuk basah hangat (dibasahi dengan air panas terlebih dahulu). Fungsinya adalah sebagai penguapan agar nutrisi pada masker dapat mudah diserap oleh rambut. Jika terlalu ribet bisa gunakan saja shower cap atau topi mandi. Kalau saya lebih suka pakai handuk basah karena lebih memuaskan.

Bahan:

  • 1 buah avokad matang
  • 3 sendok minyak zaitun
  • 2 sendok madu murni
  • 1 butir kuning telur
  • 5 tetes essential oil Lavender (opsional)

Cara membuatnya:

  • Campurkan semua bahan jadi satu ke dalam blender
  • Tuangkan ke dalam wadah

Cara menggunakan:

  • Basahi rambut terlebih dahulu
  • Oleskan masker rambut pada saat kondisi rambut masih setengah basah.
  • Tutup rambut dengan handuk hangat basah. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  • Setelah 30 menit bilas menggunakan air dingin, kemudian keramas seperti biasa.

 

Catatan: Kamu bisa memanfaatkan sisir rambut kayu yang jaraknya renggang untuk membantu membuka rambut ketika mengoleskan masker. Penggunaan masker rambut ini bisa dilakukan seminggu sekali, atau sesuai kebutuhan.

diy avocado hair mask

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.