30 DAYS CHALLENGE

Masih Bertahan di Komunitas Blogger Perempuan

Blogger Perempuan merupakan sebuah komunitas blogger yang diisi oleh blogger-blogger perempuan tanpa memandang status. Dari namanya saja sudah bisa diketahui kalau komunitas ini banyak diisi oleh kaum hawa yang haus dengan tulisan. Saya mulai bergaul ke dalam komunitas ini pada 2016 dengan blog lama saya kasihkumala.com yang sudah (sengaja) saya akhiri eksistensinya. Lalu pada 2018, saya membangun kembali blog oktatopia ini dan masih bertahan dengan Blogger Perempuan Network. Berikut ini adalah alasan saya kenapa masih bertahan di Blogger Perempuan Network.

Tim yang Profesional

Saat memulai blogging, saya menulis banyak post namun masih merasakan kesepian. Pada saat itu saya tidak tahu apa itu blogwalking, apa itu komunitas blogger. Ketika saya tidak sengaja membuka sebuah blog milik seseorang dan melihat logo BPN yang unyu itu, saya mulai mengenal komunitas blogger ini.

Para tim Blogger Perempuan Network. Sumber: alaikaabdullah.com

Dari tampilan webnya yang simpel dan minimalis, saya mulai terpesona dengan tema yang dipakai. Kemudian saya telusuri setiap kategori yang hadir di webnya dan melihat ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh tim BPN dengan para membernya. Setelah memutuskan bergabung, saya melihat grup Facebook BPN disajikan dengan sangat rapi dan teratur melalui jadwal harian dengan tema tertentu.

Sejak saat itu, saya mulai merasa tim BPN dapat bekerja profesional dalam membangun komunitas ini. Mereka dapat mengatur para membernya untuk memposting blog mereka sesuai aturan. Walaupun secara gender, perempuan memang lebih cenderung lebih menuruti aturan daripada laki-laki. Tapi atmosfir yang dihadirkan di lingkungan ini sangat berbeda. Semua blogger baik yang pro maupun yang masih baru membaur menjadi satu. Ini suasana komunitas yang saya butuhkan.

 

Tidak Ada Pembeda, Hanya Perempuan

Saya mungkin menilainya terlalu feminis. Akan tetapi, berada di antara perempuan membuat saya merasa aman dan nyaman. Itu karena perempuan sangat menyukai kerapian.

Salah satu informasi yang disajikan komunitas ini pada para membernya. Sumber: bloggerperempuan.co.id

Saya menyukai pluralisme. Dalam komunitas ini saya tidak melihat perkelahian ala ‘netijen budiman’ yang gemar menyerang SARA dan pandangan politik yang berbeda. Karena para member di sini benar-benar murni belajar bersama. Mereka saling mendukung dan saling memberi informasi yang dibutuhkan oleh member-member lainnya terkait blogging. Ini membuat saya merasa nyaman untuk terus update dengan informasi dari BPN.

Dan kalau saya ditanya apakah menyarankan blogger lain untuk bergabung ke dalam komunitas ini, I’ll say ‘You have to join’. Karena di sini para member mendapatkan informasi dan motivasi untuk terus menulis melalui blog.

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.