FILM/DRAMA

Review Drama Korea: Hospital Playlist (2020)

Drama ini bercerita tentang pertemanan lima orang dokter sejak tahun pertama kuliah kedokteran hingga sama-sama bekerja di Rumah Sakit Yulje. Awalnya aku kira drama ini bakal seperti drama lain yang terjadi saling serang antar karakter. Atau muncul karakter cewek badass. Setelah nonton, malah adem banget (apalagi habis nonton The World of The Married). Di sinilah aku pikir drama Hospital Playlist ini layak banget buat ditonton.

Awal Mula Cerita

Cerita diawali dengan Yang Seok Hyung dan Chae Song Hwa yang mendapati petugas yang membetulkan listrik tersetrum di basement rumah Seok Hyung. Song Hwa dengan sigap melakukan CPR pada petugas tersebut dan Seok Hyung berhasil membawanya ke rumah sakit dengan selamat.

Diceritakan bahwa lima sekawan ini bertemu kembali setelah Seok Hyung bergabung sebagai Spesialis Ginekologi di Rumah Sakit Yulje. Suatu ketika, ayah Ahn Jeong Won meninggal, dan empat rekannya baru sadar bahwa ayah Jeong Won adalah sajangnim atau direktur di rumah sakit tempat mereka bekerja. Artinya, Jeong Won adalah anak konglomerat, dan mereka baru tahu setelah 20 tahun menjalin persahabatan.

Setelah upacara pemakaman berakhir, terjadilah pembicaraan soal kepengurusan rumah sakit yang seharusnya dikelola oleh Jeong Won sebagai pewaris. Alih-alih menjadi direktur menggantikan ayahnya, Jeong Won malah memberikan jabatan itu kepada sahabat ibunya, Ju Jong Soo. Nah, kalau di drama-drama dokter kita bakal disuguhi petinggi rumah sakit yang korup dan penuh intrik, kalian nggak bakal nemu di drama ini. Semuanya seloooow, tapi enggak boring.

Setelah serah terima jabatan, Jeong Won membuat kesepakatan untuk mencari dokter terbaik yang mengurusi pasien di bangsal VIP. Terpilihlah para sahabat Jeong Won, yaitu Lee Ik Joon, Chae Song Hwa, Yang Seok Hyung, dan Kim Joon Wan. Sebagai upahnya, mereka harus nge-band saat sedang tidak sibuk. Awalnya Song Hwa dan Jung Wan menolak, tapi pada akhirnya mereka tetap ikut bermain band di basement rumah Seok Hyung.

Ngeband jadi hiburan.

5 Karakter Utama

5 tokoh utama dalam drama ini diperankan oleh aktor-aktor yang enggak main-main. Mulai dari Joo Jung Suk, Jeon Mi Do, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myeong, dan Yoo Yeon Seok. Berikut ini karakter pada masing-masing tokoh yang mereka mainkan.

Lee Ik Joon.

Penampilan perdana Lee Ik Joon sebagai dokter.

Diperankan oleh Joo Jung Suk, Lee Ik Joon memiliki karakter yang unik. Penampilan pertamanya di awal episode bikin aku gak percaya kalau dia dokter juga. Gara-gara dia datang sebagai pasien yang kepalanya kena lem di helm Darth Vader, mainannya U-Ju, anaknya. Dari awal aja dia sudah kelihatan nunjukin sisi kocaknya jadi untuk scene selanjutnya dijamin enggak akan boring sama karakter dia yang suka melakukan hal nyeleneh. Salah satunya suka ngambil cokelat punya Jung Wan tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Baca Juga:  Review Film: Enola Holmes, Adik Sherlock Holmes di Netflix

Ahn Jeong Won.

Ahn Jeong Won, dokter yang religius.

Karakter yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok ini sangat penyayang dan suka sekali dengan anak-anak. Di awal cerita, dia ketahuan kalau selama ini merupakan pewaris rumah sakit tempat mereka bekerja. Karakter Jeong Won ini tidak sekocak Ik Joon.

Tapi menurutku, keluarganya adalah yang paling kocak. Semacam dark jokes atau gimana sih, saking religiusnya keluarga ini, sodara-sodara Jeong Won memilih menjadi pastor dan suster di gereja. Jadilah, Jeong Won satu-satunya harapan ibunya untuk mengelola rumah sakit ayahnya dan melanjutkan keturunan. 😀

Kim Joon Wan.

Kim Joon Wan yang galak tapi diam-diam peduli.

Karakter dokter bedah kardiotoraks ini diperankan oleh Junhg Kyung Ho. Joon Wan memiliki karakter yang blak-blak an dan terkesan kejam di mata residennya. Akan tetapi dia juga memiliki sifat penolong dan memiliki rasa kepedulian yang nggak semua orang tahu. Selain itu, diam-diam juga pacaran sama Lee Ik-Soon, adeknya Ik-Joon. 

Chae Song Hwa.

Chae Song Hwa yang rajin dan baik hati.

Satu-satunya karakter wanita dalam pertemanan ini diperankan oleh Jeon Mi Do. Karakter Song Hwa adalah karakter wanita karir masa kini. Dia selalu bisa mengerjakan banyak hal dan selalu tepat waktu. Keunikan Song Hwa ini adalah dia memiliki masalah pekak nada. Akibatnya setiap dia menjadi vokalis, suaranya jadi nggak karu-karuan.

Yang Seok Hyeong.

Yang Seok Hyeong yang dingin tapi perhatian.

Pemeran dokter kandungan ini diperankan oleh Kim Dae Myung. Dia satu-satunya dokter dengan karakter introvert yang dianggap dingin oleh residennya. Meskipun tampak dingin, Seok Hyeong memiliki empati yang luar biasa sebagai dokter kandungan. Selama menjadi dokter dan menghadapi segala masalah dalam keluarga, keinginannya hanya satu, bisa main band dengan teman-temannya di akhir pekan.

Apa Sih yang Bikin Hospital Playlist ini Menarik?

Mengapa drama Hospital Playlist ini menarik? Ada banyak hal sih yang bikin drama ini sangat disukai oleh banyak penikmat drakor. Kalau untuk aku pribadi, drama ini sangat menarik karena hal-hal berikut.

Problem Masing-Masing Tokoh

Ketika menonton drama ini, pembagian cerita setiap karakter sangat seimbang. Jadi, enggak condong ke salah satu tokoh. Bahkan untuk karakter pembantu pun dapat jatah cerita sendiri dalam menghadapi permasalahannya.

Yang paling bikin baper adalah kisah Jang Gyeo Wool yang mengira dirinya hanya mengalami cinta sepihak dengan Jeong Won. Eh, ternyata di episode terakhir justru Jeong Won yang nyosor duluan ke Gyeo Wool.

Adegan yang bikin baper di akhir season pertama.

Tidak Ada Antagonis

Hampir di semua naskah cerita pasti memiliki tokoh antagonis yang jadi sumber masalah. Di sini hampir tidak ada. Ada satu karakter dokter yang sifatnya materialistis, namun bukan tukang buat onar seperti drama lain. Jadi, kalau disuruh nyari siapa antagonis, enggak ada, karena jatah munculnya si dokter materialistis ini juga nggak banyak. Nggak berpengaruh besar ke jalan cerita.

Moon Hee Kyung jadi ibu yang baik di Hospital Playlist.

Buat kalian yang apal banget sama ibuk-ibuk di atas, jangan dibawa judes dulu. Karena di drama ini, beliau jadi istri yang tersakiti. Yes, beliau jadi ibuknya Seok Hyeong dan diselingkuhin sama suaminya. Berasa kaya kena karma kalo kalian habis nonton Graceful Family. Bhihihi.

Latar yang Berulang

Karena drama ini bercerita tentang kehidupan para dokter, maka 80% tempatnya ya di rumah sakit. Tapi, ada beberapa lokasi yang terus muncul dan berulang, sehingga penonton enggak gampang jenuh dengan kehidupan rumah sakit. Beberapa tempat itu merupakan tempat-tempat yang disukai oleh manusia-manusia seperti kita, misalnya, adegan saat makan entah di kantin atau restoran, taman, dan basement tempat mereka main band.

Song Hwa dan Joon Wan yang paling banyak makan dan suka makan gratis.

Cameo yang Nggak Main-Main

Di awal episode, rasanya sudah cukup luar biasa bisa melihat Sung Dong Il sebagai cameo. Ditambah lagi ada Go Ara sebagai mantan pacar Lee Ik Joon. Selain kehadiran mereka juga ada ibuk-ibuk yang selalu muncul di setiap drama akhir-akhir ini, yaitu Kim Sun Young.

Baca Juga:  Review Film: Enola Holmes, Adik Sherlock Holmes di Netflix
Sung Dong Il, berperan sebagai kakak tertua Ahn Jeong Won.
Go Ara sebagai mantan pacar Lee Ik-Joon yang terkenal.

Nah, yang menarik setelah saya browsing sana sini. Ternyata kehadiran cameo itu seakan punya misi tersendiri di setiap cerita. Seakan masih berkaitan, para cameo yang hadir rupanya berasal dari para pemain dalam drama Reply 1988, Reply 1994, dan Prison Playbook (semuanya aku belum nonton). Kalau mau baca cameo yang muncul, bisa cek di web sociolla.

Apakah karena ditulis oleh penulis yang sama atau bagaimana. Yang jelas kehadiran para cameo yang seolah berkaitan satu sama lain ini menjadi cerita baru bagi para penggemar drama korea.

Adegan Kocak

Dua adegan yang membuat saya ngakak adalah saat Lee Ik Joon ingin menjodohkan Ahn Chi Young dengan adiknya di depan Kim Joon Wan. Padahal diam-diam si Joon Wan sudah pacaran dengan Ik Soon. Saat Ik Joon mengatakan ingin Chi Young menerima adiknya sebagai pacarnya, Joon Wan yang kesal langsung memukul kepala Ik Joon. Ik Joon yang nggak tahu apa-apa ya pasti kesel dong. Lalu terjadilah baku hantam di saat makan siang.

Kelakuan temen gak ada akhlak. Sumber: giphy.com
Temen bar-bar. Sumber: giphy.com

Kedua adalah saat Ik Joon yang usil ini suka ngambil cokelat di laci meja Joon Wan. Karena kantor Joon Wan dan Jeong Won dalam satu ruangan, Ik Joon iseng buka laci meja Jeong Won yang ternyata isinya Rosario semua. Langsung deh ditutup pelan-pelan laci Jeong Won diiringi backsound music gereja, seolah takut dosa mau ngutil barangnya Jeong Won.

Drama Hospital Playlist ini punya keunggulan dalam hal chemistry antartokoh dan cerita yang enggak jauh dari kehidupan kita sehari-hari. Pertemanan yang dibangun lama, saling mengenal, sampai sifat buruk masing-masing tokoh menjadi hal biasa dalam lingkup pertemanan, sama seperti saat kita berada di dalam lingkar pertemanan kita sehari-hari. Sudah siap dengan season kedua? 🙂

Saya Okta. Ibu satu anak sekaligus istri seorang guru honorer. Berkepribadian introvert. Dari dulu hobi sekali nulis. Pernah menjadi editor di sebuah penerbitan di Surabaya. Menyukai dunia literasi. Dan sekarang suka sekali menulis tentang apa saja. Saat ini menetap di Kabupaten Nganjuk. Kesibukan saat ini selain menulis adalah mengelola akun kuliner di instagram dan menjalankan bisnis online.

8 Comments

  • Tika Insani

    Menonton drama ini juga cuma karena suka sama Jo Jung Suk dan Jung Kyung Ho dan gak memiliki ekspektasi apapun. Eh ternyata bagus bangeeetttt…. tipe drama slow pace yang dekat banget sama kehidupan tapi gak bikin bosen sama sekali. Seneng banget liat keakraban para pemain utamanya.
    Udah ga sabar mau nonton yang season 2 nya!

  • Rieagustina

    Ini drama emang kocak banget. Ehehehe salah satu drama bagus tahun ini. Tapi emang semua drama yang ditulis penulis ini bagus sih mbak, serial Reply sama Prison playbook.

  • Fanny_dcatqueen

    Ini udah masuk dalam playlistku mba, tapi blm sempet ditonton :D. Lagi ngelarin 3 Drakor hahahahah. Ntr kalo udah selesai baru start nonton Hospital ini.

    Beberapa temen udah rekomenin untuk nonton ini, walo ada juga bbrp temenku yg lain pada bilang boring. Mungkin Krn mereka ga cocok Ama Drakor yg tanpa masalah :D. Tapi aku justru seneng Ama Drakor yg alurnya santai gini. Ga stress nontonnya :p. Apalagi kalo sblmnya nonton drakor yg penuh intrik, trus diademin Ama yg begini, lgs dingiiiiin hati hahahahaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.