MOTHERHOOD

Manfaat Daun Raspberry Merah untuk Wanita

Daun raspberry merah dikenal pula dengan sebutan ‘woman herbs‘ atau herbalnya kaum wanita. Di dalamnya terkandung beberapa manfaat yang saya sendiri sudah merasakannya, sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan organ dalam wanita. Ketika dikonsumsi dalam wujud teh, rasanya mungkin hampir sama seperti teh hitam. Daun raspberry merah ini rupanya juga digunakan sebagai obat tradisional di Cina untuk masalah ginjal, dan di Yunani, digunakan sebagai obat untuk masalah saluran kencing. Saya pribadi sangat merekomendasikan teh daun raspberry merah ini untuk mereka yang sering mengalami kram saat menstruasi.

Ini alasannya!

Mengapa Daun Raspberry Merah

Pertama kali saya mencari referensi melalui internet, saya membaca tulisan Genevieve Howland, dalam blognya MamaNatural mengenai manfaat daun raspberry merah untuk kesehatan uterus saat pra kelahiran. Tanaman ini sepertinya sulit ditemukan di Indonesia karena hanya diproduksi secara impor. Jadi untuk memperolehnya saya menggunakan jasa titip yang mendapatkan produk ini secara original.

Fine art raspberry
Sumber: annamasonart.com

Uniknya, daun raspberry merah ini ternyata mengandung banyak nutrisi penting seperti magnesium, vitamin B, C, dan E, kalsium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi inilah yang memiliki peran penting dalam menjaga organ-organ tubuh wanita kita tetap sehat.

Dan inilah beberapa manfaatnya.

Kesehatan Rahim Selama Proses Kelahiran

Informasi ini saya peroleh melalui blog MamaNatural.com. Di dalamnya dijelaskan mengenai riset yang telah membuktikan bagaimana daun raspberry merah dapat membantu menjaga kesehatan rahim selama proses kelahiran. Ini membuat saya tertarik karena saya ingin mengurangi rasa sakit di proses melahirkan anak pertama saya.

Penelitian ini dicatat dalam jurnal kebidanan yang  sudah dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan di tahun 1998. Penelitian tersebut menyebutkan dari 108 wanita hamil, 50% nya mengkonsumsi daun raspberry merah secara rutin memiliki peluang lebih sedikit untuk melahirkan secara prematur. Nutrisi dalam daun raspberry merah inilah yang membantu menguatkan uterus, yang mencegah terjadinya kerusakan terhadap membran, sehingga dapat mengurangi rasa sakit selama proses kelahiran normal.

Selain itu, teh ini juga dikenal dapat mempercepat proses kelahiran atau mempercepat terjadinya kontraksi rahim. Oleh karenanya, teh daun raspberry merah sebaiknya tidak dikonsumi di trimester pertama dan kedua.

 

Kram Perut Saat PMS

Saya mempelajari bahwa daun ini bekerja baik pada uterus. Artinya, daun raspberry merah memiliki manfaat untuk dinding rahim. Tidak hanya untuk wanita hamil, tapi juga wanita yang sangat mudah mengalami kram perut saat menjelang atau di awal masa menstruasi.

Ini terjadi pada salah satu teman kantor saya yang setiap bulan selalu mengalami masalah ini. Tanpa ragu, saya langsung memberi dia satu kantong teh celup daun raspberry merah begitu teman saya mulai keringat dingin menjelang menstruasi. Ajaibnya, tidak butuh waktu lama membuat teman saya pulih kembali. Ini kisah nyata, lho.

Kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, yang membantu menyeimbangkan hormon dan memperkuat dinding rahim dan daerah panggul. Sejak saat itu, dikalangan teman-teman saya, daun ini menjadi populer seketika. Mengingat teman saya memang rutin mengalami nyeri haid yang cukup parah. Dan teh ini yang menyembuhkannya dalam sekejap.

 

raspberry plant
Sumber: womansvibe.com

Saya juga pernah membaca bahwa daun raspberry merah juga baik untuk kesuburan. Sayangnya saya belum pernah menemukan jurnal atau artikel yang kredibel mengenai hal tersebut. Mengingat bahwa daun raspberry merah membantu mempercepat kontraksi, jadi sangat kurang mendukung untuk digunakan di trimester pertama sebagai penguat kandungan. CMIIW.

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.