30 DAYS CHALLENGE

4 Tema Blog yang Inspiratif

Banyak blog yang fokus pada tema-tema tertentu yang menarik untuk diikuti. Sebagai blogger yang belum banyak pengalaman, saya juga sering mengikut blog-blog yang hanya fokus pada tema tertentu. Atau biasa kita sebut niche blog. Dari blog-blog tematik seperti itu, biasanya membuat saya semangat untuk melakukan sesuatu. Empat tema blog inspiratif tersebut adalah berikut ini.

#1 Blog Tema Sustainable Lifestyle

Blog ini biasanya berisi hal-hal tentang lingkungan yang berkelanjutan (sustainable). Artinya, blog ini sangat fokus pada aktivitas yang membawa perubahan lingkungan menjadi lebih bersahabat dengan manusia untuk jangka panjang. Biasanya blogger-blogger yang mengangkat tema ini sangat konsisten untuk menjaga lingkungan dari pengaruh buruk sampah-sampah plastik, polusi, dan hasil dari penggunaan teknologi yang tidak sebagaimana mestinya.

Minuman dengan sedotan yang reuseable. Sumber: mightynest.com

Dari blog dengan sustainable lifestyle ini saya bisa belajar bagaimana mengelola lingkungan di sekitar tempat tinggal saya. Minimal saya bisa mulai dari diri saya sendiri. Blog dengan tema ini mengajarkan pada saya bahwa teknologi tidak selayaknya digunakan tanpa ada rasa tanggung jawab terhadap bumi sebagai tempat tinggal kita. Misalnya penggunaan barang yang reuseable (dapat digunakan kembali) agar sampah plastik tidak membahayakan makhluk hidup lainnya dan mengancam ekosistem di bumi. Salah satu contoh blog dari Indonesia yang konsisten dengan sustainable lifestyle ini adalah Green Mommy, yang dikelola oleh Ibu Deasi Srihandi.

 

#2 Blog Tema Skincare DIY (Do-It-Yourself)

Membuat skincare dari bahan alami di sekitar kita. Sumber: kriscarr.com

Masih ada kaitan dengan tema blog di atas, salah satu contoh perilaku sustainable adalah penggunaan skincare yang ramah lingkungan. DIY sendiri singkatan dari Do-It-Yourself yang artinya, lakukan sendiri. Biasanya DIY ini berisi langkah-langkah membuat skincare sendiri. Seperti membuat kosmetik, masker, dan serum wajah dari bahan-bahan alami. Sayangnya, untuk blog ini tidak semua orang memahami bahwa tidak semua kulit dapat menerima treatment yang sama. Setiap orang harus membuat trial & error dalam setiap proses DIY agar mengetahui bahan-bahan alami apa yang cocok untuk kulit mereka. Salah satu blog yang fokus dengan ini kebanyakan dari luar negeri. Misalnya adalah Crunchy Betty, Mommypotamus, dan sebagainya.

 

#3 Blog Tema Kesusastraan dan Kebahasaan Indonesia

Berhubung saya adalah seorang sarjana Sastra Indonesia, saya sangat menyukai blog yang mengangkat bahasa dan sastra. Saya sering melihat, momblogger-momblogger yang paling ngehits di dunia blogger masih banyak memuat kesalahan dalam penulisan bahasa (hehe.. no offense deh), tapi berhubung blog yang digunakan bukan blog ilmiah, jadi yowes lah. Bukan sesuatu yang perlu diperdebatkan atau dipermasalahkan.

Tokoh kesusastraan Indonesia Armijn Pane. Sumber: Tirto.id

Di sisi lain, saya menyukai analisis teks sastra dari novel-novel sastra. Bukan novel-novel pop yang diisi roman picisan remaja jaman sekarang. Sayangnya, blog dengan fokus tema analisis novel-novel sastra ini belum saya temukan. Namun, blog dengan tema tentang kesusastraan sudah ada seperti Rumpun Nektar. Sedangkan contoh blog yang mengulas tentang kebahasaan adalah blog milik Ivan Lanin.

 

#4 Blog Tema Opini si Penulis

Membaca tagline blognya saja sudah menarik.

Biasanya pemilik blog yang fokus dengan ide-idenya tidak memikirkan soal adsense. Mereka adalah orang-orang yang sangat idealis. Blog ini biasanya mengangkat opini-opini si penulis terhadap isu-isu yang sedang berkembang saat ini. Saya sendiri sebenarnya adalah seorang tipe pemikir yang senang membaca hal-hal seperti ini. Sikap kritis dapat disampaikan melalui blog dan selalu terkesan “berat” untuk dibaca. Salah satu blog yang saya sukai adalah milik dosen saya sewaktu kuliah dahulu, Bapak Listiyono Santoso dan dosen di fakultas Psikologi Bapak Bukik Setiawan. Kalau ingin diselingi dengan lelucon sarkas, saya sangat suka dengan blog milik Agus Mulyadi, penulis tetap web Mojok.co.

 

Empat dari tema blog di atas adalah tema-tema yang dapat membangun spirit saya untuk beraktivitas positif. Tidak hanya untuk membangun blog saya sendiri, tapi juga untuk membantu akal sehat saya tetap dalam kondisi sehat walafiat. Tulisan-tulisan dengan tema-tema di atas dapat memberi saya inspirasi untuk menulis dan semakin bersemangat.

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.