2019
30 DAYS CHALLENGE

5 Hal yang Ingin Dilakukan di 2019

Bulan Desember adalah bulan yang menandai berakhirnya tahun 2018. Sebagai ibu rumah tangga dengan usia mulai memasuki kepala tiga, saya masih punya banyak harapan lagi di tahun 2019. Meskipun tidak lagi bekerja sebagai editor, saya ingin memiliki beberapa hal yang bermanfaat untuk diri saya dan lingkungan di tahun 2019. Lima hal yang ingin dilakukan di 2019 adalah berikut ini.

Membuat Kebun Sayur dan Bumbu Dapur

Saya tinggal di perumahan dengan lahan berkebun yang sempit. Sebagian tetangga saya memilih paving di halaman rumahnya, sehingga berkebun dilakukan lewat pot atau polybag saja. Beberapa kali nenek saya komplain, minta saya buat paving saja halaman kecil depan rumah. Tapi saya menolak. Pengen bisa dibuat kebun sayur dan bumbu dapur. Jadi kalau malam-malam butuh jahe, tinggal metik aja di depan rumah.

Kebun kecil
Pengen punya bed untuk kebun bumbu dapur di depan rumah kayak gini. Sumber: goodhousekeeping.com

 

Renovasi Rumah

Sejak (di)keluar(kan) dari perusahaan, saya harus memendam impian untuk merenovasi rumah. Ayah saya merenovasi rumah tahun lalu. Sayangnya, renovasi tersebut membuat beberapa tempat jadi kekurangan cahaya. Lokasi tersebut adalah dapur. Dapur adalah tempat utama yang paling ingin saya renovasi. Berhubung lokasi rumah saya ada di ujung kompleks, jadi kesempatan untuk dapat cahaya matahari dari dua sisi lebih besar dibandingkan rumah yang ada di tengah-tengah kompleks. Saya ingin bagian dapur terdapat jendela yang menghadap ke luar, supaya asap masakan bisa keluar dan jumlah sinar matahari yang masuk lebih banyak.

Minimalist Kitchen
Dapur kecil impian saya dengan jendela yang besar. Sumber: ikea.com

 

Serius Menekuni Dunia Blog

Meskipun sudah dari 2009 saya mengenal blog, saya mulai aktif menulis di 2016. Tapi kemudian berhenti lagi karena sibuk dengan deadline sebagai editor. Setelah keluar di 2018, saya kembali aktif lagi menulis blog. Dan kali ini saya ingin lebih serius membangun niche blog personal saya tentang kesehatan danĀ lifestyle. Semoga saja di 2019 setelah adsense diterima, traffic pun meningkat.

 

Membuat dan Menerbitkan Novel

Sejak kecil saya suka sekali menulis cerita fiksi. Sewaktu SMA saya pernah membuat novel trilogi namun tidak pernah lolos di penerbitan kecil. Sekarang saya ingin serius kembali menekuni dunia penulisan novel atau cerpen. Entah diterbitkan secara indie maupun lewat penerbitan besar, setidaknya saya ingin meninggalkan karya berupa teks sastra.

 

Fokus Mendampingi Perkembangan si Kecil

Selama menjadi ibu rumah tangga, yang saya sangat inginkan adalah bisa fokus mendampingi Hay yang hari ini tepat mencapai usia 1 tahun. Seneng banget rasanya bisa melihat perkembangan Hay selama ini. Bisa dibilang perkembangan Hay cukup cepat dibandingkan anak lain. Memang faktor keluarga dan nutrisi sangat berpengaruh. Sejak mulai MPASI, Hay tidak diberi bubur bayi instan. Ibu mertua mengajari saya memasak sendiri menu untuk Hay sehari-hari. Dan sekarang Hay selalu lahap kalau disuapi makanan yang dimasak sendiri. Ini membuat saya bersemangat untuk terus mendampingi Hay sampai dia besar.

 

I am Okta, the Oktatopia.com owner. I am a new mother, a wife, and a woman in this universe. I am a new learner of green lifestyle, so feel free to make discuss on the comment board.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.